. ✿ I'm 1311100013 ✿: Mempersiapkan Generasi Muda Menghadapi Era Pasar Bebas ASEAN .

Senin, 30 Juni 2014

Mempersiapkan Generasi Muda Menghadapi Era Pasar Bebas ASEAN

     ASEAN Economic Community atau pasar bebas ASEAN telah di depan mata. Implementasi ASEAN Economic Community yang direncanakan dilaksanakan pada tahun 2020 diajukan menjadi tahun 2015 atau lebih tepatnya tahun depan. Sebelumnya, apa yang dimaksud dengan ASEAN Economic Community atau pasar bebas ASEAN? Konsep utama dari ASEAN Economic Community adalah menciptakan ASEAN sebagai sebuah pasar tunggal dan kesatuan basis produksi dimana terjadi free flow atas barang, jasa, faktor produksi, investasi dan modal serta penghapusan tarif bagi perdagangan antar negara ASEAN yang kemudian diharapkan dapat mengurangi kemiskinan dan kesenjangan ekonomi diantara negara-negara anggotanya melalui sejumlah kerjasama yang saling menguntungkan. Indonesia tentu tidak bisa menghindar dari kesepakatan bersama untuk membuka diri tersebut, mau tidak mau Indonesia harus bergerak dan mempersiapkan semuanya, terutama persiapan SDM karena nanti SDM dalam negeri pasti akan bersaing dengan SDM dari luar. Indonesia yang terkenal dengan segala macam kekayaan alam dan penduduk yang cukup besar di kawasan Asia Tenggara tentu akan menjadi pasar yang menarik, dan akan jauh lebih menarik negara tetangga apabila kekayaan  Indonesia tidak diiringi dengan SDM yang tidak mampu bersaing.
     Indonesia memiliki banyak barang-barang hasil produksi dengan kualitas atau standar ekspor sehingga tidak perlu khawatir akan free flow atas barang, investasi dan faktor produksi. Namun, yang perlu menjadi perhatian adalah kebebasan dalam bidang jasa. Kebebasan dalam bidang jasa atau sumber daya manusia yang terbagi menjadi tenaga kerja terampil dan tidak terampil. Indonesia yang berpenduduk sangat besar pasti akan menyumbangkan SDM yang banyak pula pada era pasar bebas ASEAN ini. Sayangnya, sejauh ini potensi SDM dari Indonesia hanya sebatas pada tenaga kerja tidak terampil. Sedangkan yang paling banyak berpengaruh dan sangat ditekan dalam ASEAN Economic Community adalah tenaga kerja terampil.
Ada 12 sektor jasa yang telah disepakati oleh negara ASEAN diantaranya :
1. Bisnis
2. Komunikasi
3. Teknik konstruksi dan teknik terkait
4. Pendidikan
5. Distribusi
6. Lingkungan hidup
7. Keuangan
8. Jasa yang terkait dengan kesehatan dan sosial
9. Pariwisata dan perjalanan wisata
10. Rekreasi, olahraga, dan kebudayaan
11. Angkutan, dan
12. Sektor jasa lainnya.
     Sebagai salah satu generasi muda yang dididik menjadi tenaga kerja terampil yaitu mahasiswa, hendaknya harus berbenah diri. Berbenah diri dalam segi pemahaman dan aplikasi ilmu yang telah didapatkan dari bangku pendidikan sampai dengan berbenah diri dalam hal penguasaan bahasa asing. Bahasa Inggris adalah bahasa Internasional, ketika kita berkompetisi dalam kancah Internasional maka Bahasa Inggris adalah salah satu alat yang wajib dikuasai. Indonesia adalah bangsa yang kaya, kaya akan sumber daya alamnya dan kaya akan sumber daya manusianya. Generasi muda adalah penerus bangsa yang wajib mempunyai kekayaan intelektual agar sanggup memperjuangkan Indonesia yang serba kaya ini :)

0 komentar:

Posting Komentar